Cara Mengobati Luka Bakar dengan Gel Lidah Buaya

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Gel Lidah Buaya - Bagaimana cara mengobati luka bakar dengan Liday Buaya? Luka bakar merupakan cedera yang pada umumnya terjadi pada kulit dengan beberapa tingkat keparahan. Luka bkar bisa disebabkan karena tersengat aliran listrik, panas, cahaya matahari, radiasi, dan gesekan pada kulit. Lidah Buaya sejak dulu telah digunakan untuk mengobati luka pada kulit dan mengurangi peredangan. Lidah buaya juga sudah digunakan bahkan direkomendasikan oleh dokter untuk mengobati luka bakar dengan tingkat parah ringan juga dapat digunakan beberapa luka bakar tingkat parah dua. Jika Anda mengalami luka bakar atau seseorang mengalaminya, ikuti beberapa cara berikut ini untuk mengetahui seberapa parah luka bakar dan pengobatannya dengan lidah buaya.

Menangani Luka

Hindari penyebab luka bakar. Kapanpun kulit Anda terbakar, Anda harus menjauh dari penyebab luka bakar. Jika disebabkan karena alat elektronik, segera matikan alat dan jauhkan kulit dari alat tersebut. Jika terbakar karena bahan kimia, hindari tumpahan bahan kimia. Jika terbakar karena sinar matahari, segera jauhi sinar matahari dan pergi ke tempat yang teduh.

Jika pakaian yang Anda gunakan terkena bahan kimia kemudian ikut terbakar, lepaskan dengan cara hati-hati tanpa menyakiti luka. Jangan tarik pakaian ari kulit jika menempel pada area yang terbakar, segera hubungi layanan darurat atau segera dapatkan perawatan medis.

Mengetahui tingkat keparahan luka bakar. Luka bakar dibagi menjadi tiga tingkat luka bakar. sebelum mengobati, ketahui perbedaan luka bakar. luka bakar dengan tingkat keparahan satu hanya melukai permukaan kulit paling atas dengan ditandai kulit berwarna merah dan terasa sakit juga kering ketika disentuh. Luka bakar dengan tingkat keparahan dua menjangkau lebih jauh ke lapisan bawah kulit dengan ditandai basah atau berubah warna, kulit melepuh putih dan terasa sakit. Luka bakar dengan tingkat tiga menjangkau seluruh bagian kulit dan melebar ke jaringan sekitarnya. Luka bakar ini terlihat kering dan kasar, dan kulit pada area yang terbakar juga dapat terlihat hitam, putih, cokelat, atau berwarna kuning. Laka ini menyebabkan pembengkakan dan sangat parah, walaupun sering terasa kurang sakit dibandingkan dengan luka bakar yang ringan karena ujung saraf sudah rusak.


Jika Anda tidak yakin mengenai tingkat luka bakar yang sedang Anda alami, silahkan hubungi dokter. jika Anda yakin luka tersebut bukan luka bakar tingkat satu, temui dokter. Luka bakar tingkat dua dan tiga dapat membahayakan nyawa jika tidak segera diobati dengan benar dan cepat.

Jangan obati luka bakar dengan tingkat tiga atau tingkat terparah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya tidak mengeringkan luka bakar sehingga membuatnya sulit untuk disembuhkan. Anda hanya bisa menggunakan lidah buaya jika luka bakar anda ringan.

Mendinginkan luka bakar. setelah Anda mengenali tingkat keparahan luka bakar juga menjauhkan diri Anda dari situasi membahayakan, Anda bisa memulai mendinginkan luka. Hal ini membantu menyingkirkan panas dari luka dan menenangkan kulit sebelum dioleskan lidah buaya. Siram luka bkar dengan air dengan suhu dingin kurang lebih selama 15 menit.


Membersihkan luka bakar. Sesudah luka bakar didinginkan, luka harus segeda dibersihkan. Anda bisa menggunakan sabun kemudian menggosokannya ke tangan. Gosokkan sabun pada area yang terbakar dengan lebut untuk membersihkan. Bilas area tersebut dengan air dingin untuk menghilangkan busa. Jangan menggosok luka karena ini bisa menyebabkan kulit teriritasi atau sobek karena sensitif, atau mulai melepuh.

Mengobati Luka Baka dengan Lidah Buaya

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Gel Lidah Buaya

Potong tanaman lidah buaya. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah. Anda bisa menggunakannya untuk membuat Gel Lidah Buaya yang bisa digunakan untuk berbagai macam kesehatan. Cabut beberapa daun yang ukurannya besar. Belah daun lidah buaya menjadi dua di bagian tengah kemudian toreh bagian dalam dengan menggunakan pisau atau sendok. Cara ini akan mengeluarkan sari lidah buaya dari daun. kumpulkan sari lidah buaya di piring.

Jika anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, Anda bisa menggunakan gel atau krim sari lidah buaya yang bisa anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Produk ini bisa didapatkan di banyak toko, apotek, atau toko kelontong. ketika Anda memilih merek, pastikan krim atau gel berisi komposisi 100% dari sari lidah buaya.

Oleskan sari lidah buaya pada luka bakar. Silahkan tuangkan gel atau sari lidah buaya yang Anda ambil dari tanaman. Oleskan dengan lembut pada area yang terbakar, pastikan untuk tidak menggosok area yang terluka terlalu keras. Ulangi 2 sampai 3 kali dalam sehar sampai luka bakar anda sudah tidak terasa sakit.

Kunjungi dokter. Lidah buaya tidak cukup untuk menyembuhkan luka bakar. Anda harus tetap mengawasi perkembangan luka bakar selama penggunaan lidah buaya. segera temui dokter jika luka bakar bertambah parah atau semakin teriritasi oleh lidah buya. sebaiknya dapatkan pertolongan medis jika luka bakar bertahan lebih dari seminggu dan tidak kunjung membaik.

Jika luka bakar bertamah sakit kemudian membengkan dan bernanah, atau menyebabkan deman, kemungkinan terjadi infeksi dan Anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Segera temui dokter jika Anda mengalami infeksi, kesulitan untuk bernapas, kemudian penurunan suhu badan, atau masalah pada tulang dan sendi di area luka bakar.

Anda juga harus menemui dokter jika Anda mengalami luka bakar pada bagian wajah atau tangan.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon