Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman

3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman - pada kali ini saya akan memberikan tips cara membersihkan paru-paru dengan aman dan mudah. membersihkan paru-paru akan membantu anda untuk terasa lebih nyaman baik sedang beraktivitas sehari-hari maupun berolah raga. saat paru-paru terganggu atau mengandung lendir, kondisi kekurangan oksigen akan mencapai bagian otot lainnya di dalam tubuh. Anda mungkin bisa membersihkan paru-paru dengan latihan pernapasan, vitamin dan gizi, ataupun dengan obat. berikut mengenai 3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman semoga bermanfaat untuk Kesehatan anda.

1. Membersihkan Paru-Paru dengan latihan Pernapasan
2. Membersihkan Paru-Paru dengan bahan-bahan dapur
3. Membersihkan Paru-Paru dengan Obat


1. Membersihkan Paru-Paru dengan latihan Pernapasan


Lakukan latihan pernapasan terkendali - Pernapasan terkendali, seperti namanya, adalah saat Anda memperdalam pernapasan untuk membersihkan semua dahak yang mungkin berada di dalam paru-paru Anda. Cara Mengatur Pernapasan:
  • Tariklah napas yang banyak dua atau tiga kali. Usahakan untuk menghirup sebanyak mungkin udara, lalu keluarkan sebanyak mungkin. Menarik napas yang dalam akan membantu menempatkan udara di belakang dahak agar Anda dapat mengeluarkannya nanti sebagai ludah.
  • Tariklah napas biasa empat atau lima kali, lalu tarik napas yang dalam dua atau tiga kali lagi. Ulangi langkah ini sekali lagi, menarik napas biasa dan napas yang dalam secara bergnatiaan.
  • Setelah rangkaian pernapasan yang terakhir, mulailah membuat gerakan menghembuskan udara, seakan Anda sedang mencoba untuk membersihkan paru-paru (yang sebenarnya memang benar).
  • Tariklah napas biasa sebanyak dua atau tiga kali, lalu cobalah keluarkan sisa dahak dengan batuk.
  • Ulangi seluruh prosedur ini sebagaimana yang dibutuhkan atau sampai Anda merasa paru-paru Anda bersih.

Gunakan teknik batuk terkendali - Batuk merupakan cara alami tubuh untuk membuang sekresi dari paru-paru - Anda dapat melakukan teknik batuk ini dengan mudah saat sudah mulai berlari. Untuk melakukan batuk terkendali:
  • Carilah kursi atau bangku yang bisa Anda duduki. Duduklah condong ke depan dengan lengan ditempatkan di sekujur perut Anda. Duduk condong ke depan akan meningkatkan pelebaran paru-paru secara maksimal.
  • Tariklah napas yang dalam satu kali lagi dan tahanlah selama tiga detik. Saat menarik napas, Anda akan merasakan dengan lengan Anda bahwa perut Anda semakin membesar.
  • Bukalah mulut Anda sedikit dan buatlah batuk yang pendek dan tajam. Saat melakukannya, berikan tekanan pada diafragma Anda dengan mendorong perut menggunakan lengan Anda dalam gerakan ke atas.
  • Tariklah napas melalui hidung dalam gerakan yang lembut dan perlahan. Menarik napas seperti ini akan membantu mencegah sekresi kembali masuk ke dalam paru-paru Anda.
  • Keluarkan sekresi dalam bentuk ludah.
Mintalah seseorang menepuk-nepuk punggung Anda dengan kuat - Saat punggung Anda ditepuk-tepuk, ini dapat membantu melonggarkan dahak di dalam paru-paru. Mintalah seseorang untuk melakukan tindakan berikut:
  • Mintalah dia untuk menempatkan tangannya membentuk mangkuk. Minta dia untuk menepuk punggung Anda dengan kedua tangan yang membentuk mangkuk. Mulailah dari bagian tengah punggung, lalu bergerak ke atas.
  • Gerakan ini bisa membantu melonggarkan dahak dan mengeluarkannya melalui mulut.
3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman

2. Membersihkan Paru-Paru dengan bahan-bahan dapur

Gunakan pepermin untuk membersihkan paru-paru sebelum pergi berlari - Gosokkan minyak atau uap pepermin pada dada untuk membantu melonggarkan dahak di dalam paru-paru. Pepermin bekerja efektif terhadap dahak karena mengandung mentol, yang berfungsi sebagai dekongestan.Pepermin juga dianggap sebagai keton, yang membantu melarutkan lendir.

Minumlah banyak air sebelum dan setelah berlari - Beri asupan air ke dalam tubuh Anda untuk mengencerkan dahak atau sekresi. Air juga bisa membantu mengurangi lengketnya sekresi di dalam paru-paru, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan sebagai batuk.

Tingkatkan asupan vitamin C Anda - Vitamin C diketahui berfungsi untuk mencegah paru-paru mengalami kejang yang terkait dengan batuk serta dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Limau adalah sumber vitamin C yang bagus. Tambahkan perasan limau ke dalam air yang Anda minum.

Konsumsi vitamin A - Salah satu fungsi dari vitamin A adalah membantu memperbaiki dan membentuk kembali selaput lendir internal, yang akhirnya dapat membantu menguatkan paru-paru. Jus wortel juga kaya akan beta-karoten, yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh Anda.


3. Membersihkan Paru-Paru dengan Obat

Minumlah obat ekspektoran untuk membersihkan paru-paru - Jenis obat ini akan membantu melonggarkan penyumbatan di dalam paru-paru, dada, serta tenggorokan. Ini akan membantu memudahkan pembuangan sekresi di dalam paru-paru Anda.

Cobalah obat asetilsistein (penghancur lendir) - Ini merupakan jenis obat lainnya yang akan membantu membuang sekresi yang telah menumpuk di dalam paru-paru Anda.Fungsi utama dari obat ini adalah menipiskan sekresi lendir agar tubuh Anda bisa lebih mudah membuangnya. Namun, obat ini dapat menyulitkan untuk dibawa saat berlari, karena Anda akan membutuhkan nebulizer (atau inhaler) untuk mengonsumsi obat tersebut.

Jika Anda menderita asma, bicaralah dengan dokter Anda mengenai albuterol - Albuterol dikonsumsi dengan cara dihirup untuk membantu meningkatkan aliran udara ke dalam paru-paru Jika Anda menderita asma atau asma akibat olahraga, yang dipicu oleh olahraga berat, dokter Anda dapat meresepkan inhaler. Pastikan Anda selalu membawa obat ini, terutama jika Anda akan berlari atau mengerjakan olahraga lain.

Ketahui kapan Anda perlu menghubungi dokter - Jika Anda terus-menerus mengalami penyumbatan di dalam paru-paru, yang memengaruhi kemampuan Anda untuk berlari, atau menjalankan kegiatan lain dalam kehidupan sehari-hari Anda, hubungilah dokter Anda.

Sekian mengenai 3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman semoga bermanfaat untuk Kesehatan anda. Terimakasih.
source:http://id.wikihow.com/Membersihkan-Paru-Paru-Anda-sebelum-Berlari

2 komentar untuk "3 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru yang Aman"

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.